Rabu, 22 Februari 2012

Penggunaan Frasa

Kita akan menguji mesin search engine dengan melakukan praktik atau kegiatan berikut. Namun, pada praktik berikut, kita lebih terkonsentrasi dengan penggunaan frasa yang membuat pencarian lebih terarah.

  1.  Ketiklah frasa “Fisika Komputer” pada kolom pencarian yang ada pada mesin pencari atau search engine. Search engine yang paling sering kita gunakan dalam internet dan sangat efektif adalah Google
  2. Setelah menulis frasa tersebut, klik tombol “Cari” disamping kolom Search tersebut atau tekan Enter.
  3. Setelah dilakukan pelacakan berdasarkan frasa Fisika Komputer, kita mendapatkan artikel sebanyak 65.700 atau mungkin lebih, yang dibagi dalam sejumlah halaman.
  4. Tadi, kita melakukan pelacakan dengan frasa Fisika Komputer. Sekarang kita akan melakukan pelacakan dengan menggunakan kata atau frasa “Fisika dan Komputer”. Pencarian akan dilakukan berdasarkan tiga kata tersebut. Yaitu Fisika, dan, Komputer. Hasil yang diperoleh juga lebih spesifik.
  5. Jika kita akan men-download dan juga membaca artikel Fisika-Wikipedia, maka kliklah hypertext Fisika-Wikipedia. Warna hypertext tersebut akan berubah menjadi merah.
  6. Setelah mendapat artikel tentang Fisika-Wikipedia, simpanlah artikel tersebut.
  7. Berikut tadi adalah menguji search angine dengan menggunakan 3 kali pencarian yang berbeda. Kita bisa mengerjakan tugas-tugas yang lain untuk menguji penggunaan frasa. Seperti misalnya :
  8. Mencari informasi dengan kategori politik, ekonomi, dan budaya. Catatlah berapa banyak artikel yang ditemukan untuk tiga kategori tersebut !
  9.  Download masing masing dua buah artikel dari tiga kategori tersebut.



Penggunaan frasa akan membuat rumusan kata kunci semakin terarah. Dengan demikian, informasi, artikel, maupun situs yang kalian dapatkan semakin fokus. Seperti penggunaan  kata “prosesor komputer” lebih fokus daripada “komputer”. “Kamera digital” lebih fokus daripada hanya “kamera”. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar